100 Things Blues Fans Should Know & Do Before They Die (100 Things...Fans Should Know)

100 Things Blues Fans Should Know & Do Before They Die (100 Things...Fans Should Know)

Sejarah rangkuman tentang sejarah Indonesia ​

rangkuman tentang sejarah Indonesia ​

eropa menjajah , Indonesia kalah . WW 1 terlewat WW II terjadi Jepang menang di pertengahan melawan sekutu , indonesia dijajah dari 1942-1945 oleh jepang . Jepang kalah WW II Indonesia mengambil celah merdeka.

proklamasi tidak mudah karena Bangsa luar banyak yang tidak menerima Indonesia merdeka . juga banyak pengkhianatan dan kerusuhan yang terjadi di dalam negeri.

Jawaban:

Rangkuman Sejarah Indonesia dari Era Kerajaan hingga Kolonialisme

Sebelum Indonesia merdeka pada tanggal 17 Agustus 1945, jalan yang harus dilaluinya sangatlah panjang dan berliku-liku. Bahkan, jauh sebelum Kongres Pemuda pada tanggal 28 Oktober 1928, belum ada persatuan dan kesatuan. Sebab, daerah-daerah di Indonesia memiliki berbagai kerejaan yang lebih mementingkan diri sendiri. Untuk mengetahui perjalanan negara kita ini, berikut rangkuman sejarah Indonesia dari era kerajaan Hindu-Budha hingga kolonialisme tentara Belanda.

Rangkuman Sejarah Indonesia dari Era Kerajaan hingga Kolonialisme

M. Junaedi Al Anshori dalam buku Sejarah Nasional Indonesia (2011), terdapat beberapa fase hingga Indonesia seperti saat ini, yakni:

Masuknya Hindu-Budha

Agama Hindu dan Budha diperkirakan datang ke daratan Indonesia pada abad pertama Masehi dalam misi perdagangan, budaya, dan menyebarkan agama. Keberadaan agama Hindu dan Budha diketahui dari prasasti-prasasti yang ada di Kutai, Kalimantan Timur dan di daerah Ciareteun, Bogor, Jawa Barat. Kedatangan Hindu dan Budha berdampak besar terhadap kehidupan di Indonesia. Misalnya saja terbentuknya sistem pemerintah dalam bentuk kerajaan dan berakhirnya sesemban masyarakat akan animisme dan dinamisme.

Perdagangan dan Pelayaran

Hingga pada tahun abad 15, Indonesia menjadi tempat perdagangan antar pulau. Dengan perdagangan dan pelayaran menjadikan kerajaan-kerajaan yang terletak di pulau-pulau terpencil di secara ekonomis, budaya dan politik bergabung dalam satuan yang lebih besar.

Kedatangan Islam

Agama Islam pertama kali datang ke Aceh dalam misi perdagangan pada abad ke-7 melalui Selat Malaka. Kemudian pada abad le-12 terbentuklah kerajaan dan kesultanan Islam Indonesia. Hal ini dipengaruhi oleh perbedaan antara agama Hindu yang memiliki kasta, sedangkan agama Islam tidak memilikinya. Sehingga perkembangan agama Islam sangat cepat.

Kolonialisme Negara-Negara Eropa

Alfonso de Albuquerque adalah penjelajah yang berasal dari Portugal yang mengenalkan rempah-rempah Nusantara ke orang-orang Eropa. Kedatangannya merupakan pencarian rempah-rempah akibat di kawasan Laut Tengah terdapat persaingan. Setelah itu Belanda datang ke Banten, namun kedatangannya tidak disambut dengan baik karena tindakan Belanda kurang baik. Kemudian Belanda pergi ke Maluku dan disambut dengan baik karena rakyat Maluku bermusuhan dengan Portugal. Akan tetapi kolonialisme sangat merugikan bagi rakyat Nusantara. Banyaknya perlawanan tersebut diakibatkan dengan keserakahan para kolonialisme yang merugikan para warga pribumi.

Kolonialisme Jepang

Setelah perang dunia kedua, Belanda diduduki oleh tentara Nazi Jerman. Hindia Belanda mengumumkan keadaan siaga dan pada Juli 1940 mengalihkan ekspor ke Jepang. Jepang, Jerman, dan Italia adalah dari tiga negara yang temasuk dalam blok poros yang memenangkan awal perang dunia kedua. Selanjutnya Jepang menaklukkan Asia Tenggara dan pada Maret 1942 sudah mengalahkan seluruh pasukan Belanda di Indonesia.

Jepang memberi tawaran kepada Soekarno untuk membentuk pemerintahan. Namun pada daerah-daerah lainnya yang dianggap penting terdapat penyiksaan, perbudakan seks, dan hukuman mati untuk melakukan seluruh perintah.

Pergerakan Nasional

Setelah pengeboman kota Hiroshima dan Nagasaki oleh tentara Amerika atas balasan tentara Jepang yang membom angkatan laut Amerika yang ada di Hawai, akibatnya adalah Jepang menyerah dan menarik semua tentaranya. Kabar tersebut didengar golongan muda yang kemudian disampaikan kepada golongan tua untuk menyegerakan kemerdekaan Indonesia. Pada akhirnya Soekarno, Hatta dan Achmad Soebardjo yang didampingi B.M Diah, Sayuti Melik, Soekarni dan Soediro membuat teks Proklamasi di rumah Laksamana Maeda. Teks proklamasi dibacakan pada 17 Agustus 1945 pukul 10.00 di Jalan Pegangsaan Timur No.56

Kolonialisme Kedua

Berdasarkan perjanjian Wina pada tahun 1942, negara-negara sekutu bersepakat untuk mengembalikan wilayah-wilayah yang diduduki Jepang pada pemilik koloninya masing-masing. Sehingga pada 23 Agustus 1945 Inggris bersama Belanda mendarat di Aceh untuk mengambil Indonesia dari tangan Jepang. Rakyat Indonesia tidak menginginkan negaranya dijajah kembali, sehingga mereka berperang melawan NICA (Netherland Indies Civil Administration) atau pemerintahan sipil Hindia Belanda. Akibat persenjataan lebih canggih, Belanda melakukan Agresi Militer sebanyak dua kali.

Setelah hal yang terjadi, berbagai konferensi yang pada akhirnya Belanda menyerahkan kedaulatan kemerdeaan kepada Indonesai pada 27 Desember 1949 atau empat tahun setelah proklamasi kemerdekaan RI. Pengakuan ini dilakukan ketika soevereiniteitsoverdracht (penyerahan kedaulatan) ditandatangani di Istana Dam, Amsterdam.

Masih banyak lagi sejarah Indonesia setelah merdeka, mulai dari G30S PKI, runtuhnya kekuasaan Soeharto, dan lainnya. Namun seluruh catatan tersebut harus digunakan sebagai pembelajaran agar tidak terulang lagi di masa yang akan datang.(MZM

Penjelasan:

maaf klau salh

[answer.2.content]